3 Nama Vaksin Covid-19

Sejak pandemi Covid-19 melanda dunia, para ilmuwan dan ahli kesehatan bekerja keras untuk mencari solusi dalam menangani virus tersebut. Salah satu solusi yang ditemukan adalah dengan vaksinasi. Berbicara mengenai vaksin Covid-19, banyak nama vaksin yang dikenal oleh masyarakat dunia. Berikut adalah tiga nama vaksin Covid-19 yang saat ini sudah tersedia di Indonesia.

1. Sinovac

Sinovac adalah vaksin Covid-19 yang berasal dari China. Vaksin ini merupakan vaksin inactivated yang artinya terbuat dari virus yang sudah dimatikan. Hal ini dilakukan agar vaksin tersebut tidak menimbulkan penyakit pada yang divaksinasi. Vaksin Sinovac sudah mendapatkan izin penggunaan darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Indonesia pada bulan Januari 2021.

Hasil uji klinis dari vaksin Sinovac menunjukkan bahwa vaksin ini memiliki efikasi sebesar 65,3% untuk mencegah gejala Covid-19 dan efikasi sebesar 100% untuk mencegah gejala berat atau mematikan. Vaksin Sinovac diberikan dalam dua dosis dengan selang waktu 14 hari.

Vaksin Sinovac sudah mulai diberikan kepada masyarakat di Indonesia sejak bulan Januari 2021. Vaksin Sinovac dipilih oleh pemerintah Indonesia karena mudah dibuat dan disimpan. Selain itu, Sinovac juga memberikan transfer teknologi untuk Indonesia untuk memproduksi vaksin tersebut sendiri.

2. AstraZeneca

AstraZeneca adalah vaksin Covid-19 yang berasal dari Inggris. Vaksin ini menggunakan teknologi vektor adenovirus yang dimodifikasi. Adenovirus yang digunakan dalam vaksin AstraZeneca berasal dari simpanse dan telah dimodifikasi agar tidak menyebabkan penyakit pada manusia.

Hasil uji klinis dari vaksin AstraZeneca menunjukkan bahwa vaksin ini memiliki efikasi sebesar 70,4% untuk mencegah gejala Covid-19. Vaksin AstraZeneca diberikan dalam dua dosis dengan selang waktu 8-12 minggu.

Vaksin AstraZeneca sudah mendapatkan izin penggunaan darurat dari BPOM Indonesia pada bulan Februari 2021. Pemerintah Indonesia telah memesan sebanyak 50 juta dosis vaksin AstraZeneca.

3. Moderna

Moderna adalah vaksin Covid-19 yang berasal dari Amerika Serikat. Vaksin ini menggunakan teknologi mRNA yang membawa instruksi untuk membuat protein pada virus Covid-19. Ketika tubuh menerima protein tersebut, sistem imun akan mengenali protein tersebut sebagai ancaman dan memproduksi antibodi untuk melawan virus asli jika terinfeksi.

Hasil uji klinis dari vaksin Moderna menunjukkan bahwa vaksin ini memiliki efikasi sebesar 94,1% untuk mencegah gejala Covid-19. Vaksin Moderna diberikan dalam dua dosis dengan selang waktu 28 hari.

Sampai saat ini, vaksin Moderna belum mendapatkan izin penggunaan darurat dari BPOM Indonesia. Namun, pemerintah Indonesia telah memesan sebanyak 50 juta dosis vaksin Moderna.

Penutup

Itulah tiga nama vaksin Covid-19 yang sudah tersedia di Indonesia. Meskipun ada beberapa efek samping yang mungkin timbul setelah divaksinasi, namun vaksinasi tetap merupakan cara yang efektif untuk melindungi diri kita dan masyarakat dari virus Covid-19. Oleh karena itu, mari kita dukung program vaksinasi nasional agar pandemi ini segera berakhir.