Kenapa AC Sharp Tidak Dingin

DECORVILLS.NET – Temukan alasan kenapa AC Sharp tidak dingin dan bagaimana cara mengatasinya. Dalam artikel ini, kita membahas berbagai penyebab AC Sharp tidak dingin, mulai dari masalah teknis hingga kondisi lingkungan. Dapatkan pemahaman yang lebih baik tentang perawatan dan pemeliharaan AC untuk memastikan kinerja optimal.

Penyebab AC Sharp Tidak Dingin

Bila AC tidak dingin, ada beberapa hal yang mungkin menyebabkan hal ini terjadi. Coba cek kemungkinan-kemungkinan berikut dan segera perbaiki agar AC kembali dingin.

Baca Juga : Remot AC Sharp Terkunci

Desain Sistem yang Buruk

Salah satu faktor yang bisa membuat AC kurang dingin adalah sistem desain yang tidak tepat. Oleh sebab itu, saat Anda berencana membeli AC, besar ruangan yang akan diberi AC perlu menjadi pertimbangan utama.

Sebaiknya Anda mengukur luas ruangan dan menentukan kebutuhan pendinginan yang sesuai sebelum membeli AC. Setiap ukuran ruangan memiliki kebutuhan PK (Power Kuda) yang berbeda-beda. Jika Anda merasa kesulitan dalam memperkirakan hal tersebut, Anda dapat berkonsultasi dengan ahli HVAC atau penjual dari merek AC yang ingin Anda beli.

Sebagai contoh, jika Anda membeli AC dengan kapasitas BTU yang rendah untuk ruangan yang luas, kemungkinan besar AC tersebut tidak akan bekerja secara efektif. Sebagai ilustrasi, ruangan dengan ukuran 4 x 5 meter idealnya menggunakan AC dengan kapasitas 1,5 PK. Sedangkan ruangan berukuran 3 x 4 meter biasanya hanya membutuhkan sekitar 6.000 – 7.000 BTU, yang berarti AC dengan kapasitas 3/4 PK sudah cukup.

Jika ruangan Anda cenderung kecil, sebaiknya jangan memilih AC dengan kapasitas PK yang terlalu besar. Penggunaan AC dengan kapasitas besar di ruangan kecil bisa membuat ruangan menjadi terlalu dingin dan akhirnya menciptakan suasana yang kurang nyaman.

Cuaca

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, cuaca memegang peranan penting dalam menentukan sejuk atau tidaknya suatu ruangan. Inilah sebabnya mengapa AC kerap kali bekerja lebih efisien di malam hari saat suhu lingkungan cenderung lebih sejuk, memberikan suhu ruangan yang lebih dingin. Namun, saat cuaca sangat panas, meski AC Anda baru saja dipasang, kemungkinan besar AC tidak akan sejuk sebab ia tidak mampu beroperasi dengan optimal dalam suhu yang sangat tinggi tersebut. Jika Anda merasa AC tidak sejuk, cobalah untuk menurunkan suhunya sehingga kesejukan bisa lebih terasa.

Simak Juga : Perbandingan AC Sharp dan Aqua

Keadaan Ruangan

Keadaan ruangan juga dapat mempengaruhi sejuk atau tidaknya suhu di dalamnya. Misalnya, jika ruangan Anda terkena sinar matahari langsung dan dindingnya terbuat dari campuran semen dan pasir tanpa adanya kapur, maka ruangan tersebut cenderung akan terasa lebih panas sehingga AC tidak mampu mendinginkannya. Walaupun kapur dapat membuat dinding kurang kokoh, namun material ini sangat efektif dalam memberikan efek sejuk pada ruangan.

Selain itu, AC mungkin tidak dapat bekerja secara efisien jika terdapat banyak jendela di ruangan yang langsung terkena sinar matahari, khususnya jendela yang terbuat dari kaca. Keadaan ini dapat meningkatkan suhu di dalam ruangan secara signifikan dibandingkan dengan ruangan yang jendelanya tidak terpapar sinar matahari secara langsung.

Jumlah Penghuni Ruangan

Alasan lain yang membuat AC tidak memberikan kesejukan yang optimal adalah jumlah orang dan barang-barang elektronik di dalam ruangan tersebut. Biasanya, seorang dewasa membutuhkan sekitar 600 BTU untuk dirinya sendiri, sementara anak-anak memerlukan sekitar 400 BTU. Perlu juga diingat bahwa perangkat elektronik lainnya, seperti televisi, laptop, komputer, ponsel, kulkas, dan sejenisnya juga menghasilkan panas.

Jika ruangan tersebut diisi oleh banyak orang dan terdapat banyak perangkat elektronik yang beroperasi secara bersamaan, maka jumlah panas yang dihasilkan akan cukup besar. Hal ini dapat membuat AC kesulitan untuk mendinginkan ruangan tersebut.

Selanjutnya, aktivitas yang dilakukan oleh orang-orang di dalam ruangan juga berdampak pada sejuk atau tidaknya suhu di ruangan tersebut. Misalnya, jika penghuni ruangan sedang tidur, suhu tubuh yang mereka keluarkan tentu lebih rendah. Sebaliknya, jika penghuni ruangan sedang aktif dan menghasilkan lebih banyak panas, maka BTU yang dibutuhkan akan meningkat, yang berpotensi membuat AC kurang dingin.

Freon Bocor

Alasan lain yang bisa membuat AC kurang dingin adalah kebocoran freon. Jika Anda merasa bahwa AC Anda sudah kehilangan kesejukannya dalam waktu beberapa bulan, mungkin ada kemungkinan adanya kebocoran pada evaporator, kerusakan pada kompresor, atau masalah pada MCB.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai kenapa AC Sharp tidak dingin. Semoga bermanfaat.