Cara Pasang MCB 2 Jalur
Panduan Singkat Bagaimana Cara Pasang MCB 2 Jalur

Cara Pasang MCB 2 Jalur

Cara pasang mcb 2 jalur – Decorvills.net. Pasang MCB pada instalasi listrik rumah pasti dapat dilaksanakan sendiri, dan yang khusus ialah memerhatikan keamanan dibarengi pengetahuan beberapa langkah langkah memasangkan MCB.

Di mana peranan MCB sebagai perlindungan instalasi listrik jika terjadi arus lebih (Overcurrents).

MCB selainnya berperan sebagai perlindungan yang bekerja secara automatis dan manual, bisa juga digunakan untuk membagikan arus jadi 2 lajur yang masuk ke instalasi listrik di rumah.

Bagaimana pola pembagian grup MCB yang aman? Pasti pembagiannya tidak melewati MCB khusus yang berada di kWh mtr..

Panduan Cara Pasang MCB 2 Jalur

Contoh penempatan MCB 2 lajur ini dilaksanakan pada MCB khusus yakni 10 Ampere. Akan dipisah jadi 2 lajur, dengan pembagian MCB 6 ampere dan MCB 4 ampere.

Pembagian 2 lajur MCB ini umumnya dipakai untuk rumah dua lantai, contoh lantai satu memakai MCB 6 ampere dan lantai dua yang 4 ampere. Atau untuk kepentingan pasang AC (Air conditioner)

Untuk ketahui berapakah Watt setiap besaran MCB, secara lengkap dapat baca di artikel MCB 10 Ampere berapakah Watt.

1. Gambar Instalasi MCB 2 Lajur

Berikut gambar pola instalasi MCB 2 lajur yang hendak kita pasang pada instalasi listrik rumah;

Ikuti instalasi pola di atas cukuplah aman, karena jumlah keseluruhan pada MCB baru tidak melewati MCB induk/khusus.

Harus jadi perhatian, untuk mempermudah seharusnya lajur input MCB baru 6A dan 4 A dari bawah dan output status di atas yang selanjutnya masuk ke instalasi listrik rumah.

2. Penyiapan Bahan dan Alat Kelistrikan

Sesudah pahami pola instalasi 2 lajur itu, seterusnya persiapkan bahan dan beberapa alat kelistrikan untuk penempatan, yaitu;

  • MCB 6 Ampere (code C6)
  • MCB 4 Ampere (code C4)
  • Tipe Kabel Listrik NYA 1 x 2,5 mm (Merah)
  • Kabel Listrik NYA 1 x 2,5 mm (Biru)
  • Obeng +/-
  • Tang gabungan
  • Tang potong
  • Cutter pisau

Begitu bahan dan alat yang penting dipersiapkan. Kita pakai kabel merah untuk mengisyaratkan kabel phase dan kabel biru untuk kabel netral.

3. Perakitan MCB 2 Lajur

Untuk perakitannya dapat ikuti gambar instalasi MCB 2 lajur di atas. Saat sebelum kerjakan perakitan MCB, untuk keamanan seharusnya sumber listrik dimatikan dulu.

Di bawah ini beberapa langkah perakitannya:

Membuat jumper kabel phase (merah) untuk MCB baru yakni 6A dan 4A. Potong kabel NYA 1 x 2,5 mm (merah) lebih kurang sejauh 6 cm, kupas pada ke-2 ujungnya 0,5 cm dan sambungkan pada ke-2 MCB dari status bawah seperti gambar berikut ini:

  • Sesudah ke-2 MCB 6A dan 4A dijumper, hububungkan kabel Phase (merah) dari Output MCB khusus dan sambungkan ke salah satunya MCB baru, seperti gambar berikut ini:
  • Sesudah MCB induk/khusus tersambung pada MCB baru yakni 6A dan 4A, saat mematikan MCB induk automatis MCB 6A dan 4A turut mati.
  • Seterusnya kabel phase (merah) dari dalam instalasi listrik rumah disambungkan ke output pada MCB baru 6A dan 4A (Output status di atas). Seperti gambar di bawah ini;
  • Kabel Netral (Kabel biru) langsung ke beban instalasi di rumah.

Pembagian grup mcb ini cukup efisien, contoh pada rumah lantai dua terjadi masalah hingga mengakibatkan MCB trip dan lampu padam dan lantai satu tidak terimbas karena berlainan lajur MCB.

Begitu beberapa langkah memasangkan sendiri MCB 2 lajur, dan yang paling penting prioritaskan factor keamanan. Mudah-mudahan artikel singkat ini berguna untuk kita semua. (SPN)

Leave a Reply