Penyakit Bubul Pada Ayam

DECORVILLS – NET. Penyakit Bubul pada Ayam sering menjadi topik yang menakutkan bagi para peternak. Diketahui sebagai salah satu penyakit yang cukup umum namun berbahaya bagi ayam, bubul dapat mempengaruhi kesehatan unggas secara signifikan. Konsekuensinya tidak hanya berpengaruh pada kesehatan ayam, tetapi juga dapat mengurangi produktivitas dan kualitas unggas. Maka dari itu, pemahaman yang baik mengenai penyakit bubul ayam dan penyebabnya, menjadi hal yang penting bagi setiap peternak yang menginginkan ayam yang sehat dan produktif.

Mengenali Penyakit Bubul Pada Ayam

Bubul ayam merupakan salah satu dari sekian banyak penyakit yang sering menimpa ayam. Kejadian ini cukup mengganggu bagi para peternak, sebab perawatan dan penanganannya memerlukan periode waktu yang cukup panjang dan penanganan secara khusus. Biasanya, penyakit ini ditemukan pada bagian telapak kaki ayam.

Mengatasi bubul ayam secara cepat adalah strategi terbaik untuk memperpendek waktu penyembuhan. Jika dibiarkan berlarut-larut, kondisinya bisa memburuk dan bahkan berujung pada kematian ayam. Oleh karena itu, solusi terbaik jika sudah mengetahui adanya bubul adalah segera melakukan perawatan.

Anda mungkin sudah familiar dengan penyakit ini, khususnya bagi Anda yang merawat unggas dalam kandang box. Maka dari itu, kami berbagi informasi ini agar bubul ayam tidak menjadi ancaman menakutkan bagi para pembaca.

Penyebab Ayam Terkena Bubul

Faktor kunci yang berkontribusi pada terbentuknya bubul pada ayam adalah adanya tekanan atau gesekan berulang pada kulit yang menghasilkan penebalan. Penebalan ini dikenal sebagai keratin, yakni lapisan kulit yang berlebih. Dengan berjalannya waktu, penebalan kulit ini akan menimbulkan rasa sakit saat ada tekanan dan akhirnya berubah menjadi luka bernanah atau borok. Inilah yang kemudian disebut sebagai bubul.

Untuk lebih memudahkan gambarannya, proses terbentuknya bubul dapat diumpamakan seperti terjadi ketika kotoran menempel atau menyerap ke dalam kulit dan mengakibatkan infeksi. Hal ini bisa disebabkan oleh kandang yang basah atau kotor, ayam yang terlalu aktif, atau tempat tenggeran yang kurang halus.

Setelah mengenal cara pembentukan bubul, tindakan yang perlu dilakukan adalah menjaga kebersihan kandang dengan menjaganya tetap kering, memandikan ayam setiap hari, membersihkan kotoran, dan mengganti alas kandang. Anda mungkin bertanya, apakah ayam yang terkena bubul bisa diadu atau tidak? Jawabannya tergantung pada seberapa berat penyakitnya. Namun, kami sarankan untuk tidak mengadu ayam yang terkena bubul agar tidak memperparah kondisinya atau menyebabkan penyakit lain.

Cara Mengobati Penyakit Bubulan Pada Ayam

Ada banyak langkah dan cara untuk memberikan pengobatan pada ayam yang terkena bubulan. Beberapa diantaranya bisa Anda baca pada tautan di bawah ini, antara lain:

Nah, itu tadi penjelasan singkat tentang penyakit bubulan yang bisa diderita oleh ayam. Silahkan simak informasi peternakan lainnya di blog ini.