Cara Belajar Efektif dan Efisien di Rumah

DECORVILLS.NET – Cara Belajar Efektif dan Efisien di Rumah. Selama periode pandemi Covid-19, pembelajaran online diadopsi sebagai upaya mengurangi penyebaran virus tersebut. Selama hampir beberapa tahun ajaran, pelajar, dan mahasiswa menjalankan pendidikan secara digital.

Di periode tersebut, banyak siswa yang merasa kesulitan dalam belajar secara efektif. Ada banyak gangguan yang menghambat proses belajar mereka menjadi optimal dan efisien.

Ulasan Lengkap : Cara Belajar Efektif dan Efisien

5 Strategi dan Cara Belajar Efektif dan Efisien di Rumah

Menerapkan metode belajar yang efektif selama pandemi dapat membantu siswa memaksimalkan proses pembelajaran mereka. Berikut adalah lima strategi belajar efektif saat belajar dari rumah yang dapat Anda coba.

1. Penyesuaian Ruang Belajar

Dikutip dari situs resmi Universitas Washington, penting untuk memisahkan ruang belajar dan ruang rekreasi. Cobalah untuk memisahkan ruang belajar dan kamar tidur. Ini dapat membantu mengurangi rasa malas dan memudahkan Anda untuk fokus belajar.

Dengan memisahkan ruang belajar, siswa juga dapat lebih maksimal istirahat. Mereka tidak akan terganggu dengan tugas dan buku yang menumpuk di meja belajar.

2. Perlakukan Seperti Sekolah Tatap Muka

Ciptakan rutinitas seperti saat bersekolah secara tatap muka. Bangun pagi, mandi, dan sarapan seperti biasa. Metode ini dapat membantu pembelajaran menjadi lebih efektif. Otak dan tubuh Anda akan secara otomatis beranggapan bahwa pembelajaran online ini sama dengan belajar tatap muka.

Selama mengikuti pembelajaran, atur agar notifikasi pesan tidak muncul di layar perangkat Anda. Notifikasi yang datang secara tiba-tiba dapat mengganggu konsentrasi Anda. Pastikan perangkat dan koneksi internet Anda dalam kondisi baik. Jangan lupa mencatat materi yang diberikan oleh pengajar secara rapi.

3. Menghindari Multitasking

Meskipun belajar di rumah memberikan fleksibilitas, sebaiknya hindari melakukan banyak tugas sekaligus jika Anda ingin belajar secara efektif dan efisien. Multitasking dapat memecah konsentrasi Anda dan mengganggu fokus Anda. Akibatnya, Anda mungkin tidak bisa memahami materi dengan baik.

4. Menjaga Kesehatan Fisik dan Mental

Untuk memastikan proses belajar berjalan dengan baik dan efektif, sangat penting untuk menjaga kesehatan Anda. Luangkan waktu untuk melakukan aktivitas peregangan saat jeda pembelajaran online. Metode ini bisa membantu otak Anda untuk beristirahat selama belajar.

Juga, perhatikan makanan yang Anda konsumsi dan pastikan Anda memiliki waktu tidur yang cukup untuk meremajakan otak Anda.

5. Menjaga Interaksi Sosial

Pembaruan dan relaksasi mental juga diperlukan agar belajar menjadi lebih efektif. Walaupun pandemi telah membatasi aktivitas luar rumah untuk mengurangi penyebaran Covid-19, komunikasi masih penting untuk dijaga. Luangkan waktu untuk berinteraksi dengan teman-teman Anda. Menurut Universitas Washington, ini bisa membantu Anda tetap fokus saat belajar dan sekaligus membangkitkan motivasi positif.

Komunikasi bisa dilakukan melalui chatting atau video call. Jika pertemuan tatap muka menjadi keharusan, pastikan Anda menerapkan protokol kesehatan 3M (menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan). (Pendidikan)