Berikut Ini Merupakan Fungsi Hutan Kecuali Apa?

Mungkin Anda juga bertanya pertanyaan seperti ini berikut ini merupakan fungsi hutan kecuali apa? Yuk kita simak pembahasannya di bawah ini.

Pertanyaan

Dibawah ini merupakan fungsi hutan kecuali ?
A. Menyimpan air hujan
B. Mencegah terjadinya erosi
C. Menghasilkan oksigen
D. Menghasilkan bahan kebutuhan pokok penduduk

Jawaban

Berikut ini merupakan fungsi hutan kecuali menghasilkan bahan kebutuhan pokok penduduk. Fungsi hutan adalah menyimpan air hujan, mencegah terjadinya erosi, menghasilkan oksigen, dan sebagai habitat makhluk-makhluk hidup hutan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

Pembahasan

Produksi bahan makanan dasar bagi masyarakat bukan merupakan tugas dari hutan, melainkan peran dari lahan pertanian seperti sawah dan kebun. Ini dikarenakan pangan utama seperti padi dan produk kebun lainnya ditanam oleh para petani.

Apabila hutan diubah menjadi area pertanian untuk menanam bahan makanan dasar, maka peran hutan dalam mencegah erosi akan terganggu. Hal ini disebabkan oleh penggantian akar pohon besar dengan akar tanaman yang lebih kecil dan hanya bertahan selama satu musim tanam.

Tidak hanya itu, kapasitas hutan dalam menyimpan air hujan dan menghasilkan oksigen juga akan terpengaruh. Struktur tanah yang berubah akibat penanaman bahan makanan dasar menyebabkan berkurangnya daun-daun yang dapat menghasilkan oksigen. Selain itu, perubahan ini juga dapat mengancam habitat berbagai spesies yang berlindung dalam hutan, jika wilayah mereka berubah menjadi lahan pertanian.

Peranan dan Fungsi Hutan Secara Umum

Adanya hutan di berbagai penjuru dunia bukanlah sebuah kebetulan. Faktanya, hutan memiliki dampak yang signifikan terhadap kehidupan manusia, lingkungan, dan organisme lainnya. Dalam hutan yang lebat dan penuh dengan beragam tumbuhan ini, terdapat peran vital dalam menyerap karbon dioksida yang dihasilkan oleh berbagai sumber seperti manusia, kendaraan, limbah industri, dan lain-lain. Berikut adalah beberapa keuntungan dari hutan bagi kehidupan manusia dan ekosistem sekitarnya.

Menjadi Sumber Oksigen Bumi

Hutan, dengan luasnya dan keragaman tumbuhan yang ada di dalamnya, memiliki kemampuan untuk menyerap karbon dioksida dengan efektif. Tak hanya itu, hutan juga merupakan penyedia oksigen terbesar di bumi, yang sangat penting bagi pernapasan manusia dan hewan. Oleh karena itulah, hutan sering disebut sebagai paru-paru planet kita.

Berkontribusi dalam Menjaga Kesuburan Tanah

Fungsi hutan tidak terbatas pada penghasilan oksigen saja. Tumbuhan yang tumbuh di dalam hutan juga memiliki peran penting dalam menjaga dan meningkatkan kesuburan tanah. Melalui daun-daun yang gugur dan membusuk di atas permukaan tanah, hutan berkontribusi dalam menjaga struktur tanah agar tetap subur. Tanah yang subur memungkinkan untuk dikembangkan menjadi area penanaman baru, memperlihatkan bagaimana hutan berperan aktif dalam siklus kehidupan.

Sebagai Sarana Tempat Tinggal Makhluk Hidup

Berbagai makhluk, termasuk manusia dan hewan, telah ditemukan mendiami hutan. Oleh karena itu, kerusakan atau hilangnya hutan akan berarti kehilangan tempat tinggal bagi mereka. Pelestarian hutan sebagai habitat ini menjadi salah satu peran penting yang harus terus dijaga.

Titik Pusat Keanekaragaman Hayati

Hutan adalah rumah bagi berbagai jenis tumbuhan dan tanaman, yang merupakan inti dari keanekaragaman hayati. Baik sebagai sumber makanan atau obat-obatan, tumbuhan ini harus terus dipelihara dan dijaga agar tetap ada untuk generasi yang akan datang.

Perisai Terhadap Bencana Alam

Hilangnya hutan berarti hilangnya akar yang berfungsi menahan air dalam tanah, yang bisa mengakibatkan bencana seperti tanah longsor dan banjir. Untuk mengantisipasinya, kita perlu melakukan reboisasi atau penanaman kembali untuk menjaga hutan agar tetap hijau dan subur. Langkah ini penting untuk mencegah dampak negatif terhadap manusia dan lingkungan sekitarnya, dan menegaskan pentingnya pelestarian hutan sebagai bagian integral dari ekosistem kita.

Nah, itu tadi jawaban dan pembahasan dari pertanyaan berikut merupakan fungsi hutan kecuali apa. Semoga bermanfaat. Simak terus informasi kesehatan dari blog Decorvills.net ini.